Pembentukan Gamet (Gametogenesis)

Posted on 24 June, 2008. Filed under: Keperawatan Dasar |

Proses pembentukan gamet atau sel kelamin disebut gametogenesis, ada dua jenis proses pembelahan sel yaitu mitosis dan meiosis. Bila ada sel tubuh kita yang rusak maka akan terjadi proses penggantian dengan sel baru melalui proses pembelahan mitosis, sedangkan sel kelamin atau gamet sebagai agen utama dalam proses reproduksi manusia menggunakan proses pembelahan meiosis.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa mitosis menghasilkan sel baru yang jumlah kromosomnya sama persis dengan sel induk yang bersifat diploid (2n) yaitu 23 pasang/ 46 kromosom, sedangkan pada meiosis jumlah kromosom pada sel baru hanya bersifat haploid (n) yaitu 23 kromosom. Gametogenesis ada dua yaitu spermatogenesis dan oogenesis,

Spermatogenesis

Sel sperma yang bersifat haploid (n) dibentuk di dalam testis melewati sebuah proses kompleks yang disebut dengan spermatogenesis. Secara simultan proses ini memproduksi sperma matang di dalam tubulus seminiferus lewat langkah-langkah berikut ini:

1. Ketika seorang anak laki-laki mencapai pubertas pada usia 11 sampai 14 tahun, sel kelamin jantan primitif yang belum terspesialisasi dan disebut dengan spermatogonium menjadi diaktifkan oleh sekresi hormon testosteron.

2. Masing-masing spermatogonium membelah secara mitosis untuk menghasilkan dua sel anak yang masing-masing berisi 46 kromosom lengkap.

3. Dua sel anak yang dihasilkan tersebut masing-masing disebut spermatogonium yang kembali melakukan pembelahan mitosis untuk menghasilkan sel anak, dan satunya lagi disebut spermatosit primer yang berukuran lebih besar dan bergerak ke dalam lumen tubulus seminiferus.

4. Spermatosit primer melakukan meiosis untuk menhasilkan dua spermatosit sekunder yang berukuran lebih kecil dari spermatosit primer. Spermatosit sekunder ini masing-masing memiliki 23 kromosom yang terdiri atas 22 kromosom tubuh dan satu kromosom kelamin (Y atau X).

5. Kedua spermatosit sekunder tersebut melakukan mitosis untuk menghasilkan empat sel lagi yang disebut spermatid yang tetap memiliki 23 kromosom.

6. Spermatid kemudian berubah menjadi spermatozoa matang tanpa mengalami pembelahan dan bersifat haploid (n) 23 kromosom. Keseluruhan proses spermatogenesis ini menghabiskan waktu sekitar 64 hari.

Oogenesis

Oogenesis merupakan proses pematangan ovum di dalam ovarium. Tidak seperti spermatogenesis yang dapat menghasilkan jutaan spermatozoa dalam waktu yang bersamaan, oogenesis hanya mampu menghasilkan satu ovum matang sekali waktu. Mari kita simak prosesnya lebih lanjut:

1. Oogonium yang merupakan prekursor dari ovum tertutup dalam folikel di ovarium.

2. Oogonium berubah menjadi oosit primer, yang memiliki 46 kromosom. Oosit primer melakukan meiosis , yang menghasilkan dua sel anak yang ukurannya tidak sama.

3. Sel anak yang lebih besar adalah oosit sekunder yang bersifat haploid. Ukurannya dapat mencapai ribuan kali lebih besar dari yang lain karena berisi lebih banyak sitoplasma dari oosit primer.

4. Sel anak yang lebih kecil disebut badan polar pertama yang kemudian membelah lagi.

5. Oosit sekunder meninggalkan folikel ovarium menuju tuba Fallopi. Apabila oosit sekunder difertilisasi, maka akan mengalami pembelahan meiosis yang kedua . begitu pula dengan badan polar pertama membelah menjadi dua badan polar kedua yang akhirnya mengalami degenerasi. Namun apabila tidak terjadi fertilisasi, menstruasi dengan cepat akan terjadi dan siklus oogenesis diulang kembali.

6. Selama pemebelahan meiosis kedua, oosit sekunder menjadi bersifat haploid dengan 23 kromosom dan selanjutnya disebut dengan ootid. Ketika inti nukleus sperma dan ovum siap melebur menjadi satu, saat itu juga ootid kemudian mencapai perkembangan finalnya menjadi ovum yang matang.

7. Kedua sel haploid (sperma dan ovum) bersatu membentuk sel zygot yang bersifat dipoid (2n).

About these ads

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

15 Responses to “Pembentukan Gamet (Gametogenesis)”

RSS Feed for GO Nursing…!!! Comments RSS Feed

saya pingin tau penjelasan tentang bagaimana terjadinya bayi tabung ?

hhhmmm…. bayi tabung yah…
sampai sekarang yang saya ketahui tentang terjadinya bayi tabung adalah pembentukan embrio manusia hasil pertemuan sperma dan ovum (sel telur) yang dilakukan di luar rahim (in vitro).
lalu setelah terbentuk embrio barulah sang bakal bayi itu dimasukkan kembali ke dalam rahim untuk menjalani proses kehamilan yang normal di dinding rahim (uterus) sang Ibu, dan setelah 40 minggu akan dilahirkan.
Semoga menjawab.. terima kasih kunjungannya do Go Nursing…!!!

bayi kembar itu terjadi kalo berasal dari 1 sel yang sama lalu membelah dan kemudian jika membelah sempurna maka akan terbentuk kedua zigot yang sempurna pula. kembar itu ada 3 jenis, ada kembar siam. kembar fraternal dan kembar identik. kalo kembar siam berarti pembelahannya tidak sempurna. kembar fraternal terjadi pembelahan sempurna tapi berbeda jenis kelamin dan kembar identik adalah pembelahan yang sempurna sehingga pasti sama jenis kelaminnya. hormon yang terlibat dalam proses spermatogenesis itu testosteron dan oogenesis itu estrogen

gimana proses terjadinya bayi kembar ? thanks !

tolong jelasin juga donk hormon-hormon apa saja yang terlibat dalam proses spermatogenesis n oogenesis??????

Oe. Dk ngrti ak bhsny tlL tgI. Ak msi smp kLs3 coy! Tgs biologI neh , , , xaverius 1 jambi. Btw thx

bagus, jg tulisannya

Thank’s for all…

aq dgar2 tntang micheal jackson akan di kloning d media,,mank kloning tuh ap sich???trus michealx mo d apain???kn udh meninggal ?!!!

makasish tas infonya,moga kedepannya sukses

Guud Guud,,,
Makacii dah bantu aq nyelesein tgz biologi’q

apa sih yang menyebabkan badan polar terbentuk????
pliss djawab ya…..

ilmunya ok punya….numpang kopi bos…

thank’s bwt infonya

Tks udh bntu PR aq.
Alhamdulillah.
Sgkat pdat N jlz


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: